Gudang

Yang sering melewati jalan sebelah barat masjid tentu melihat bertambahnya satu bangunan lagi dari dua bangunan yang sudah ada, sejak sekitar September 2016. Sedikit demi sedikit mulai muncul ke permukaan, yang terakhir sudah mulai kelihatan struktur kuda-kuda dari bahan baja. Memang agak sedikit lambat karena ketika gerimis saja lambat melakukan pengelasan, apalagi kalau setiap hari hujan kecepatan pengelasan sama dengan nol.

Itulah gudang representative yang sebenarnya memang sudah lama ingin kita bangun, namun skala prioritasnya baru bisa saat ini kita lakukan. Bersama itu kita juga membenahi interior tahap demi tahap, dengan kualitas yang kira-kira pantas sebagai lingkungan Islami. Taman Selatan terpaksa kita geser prioritas penyelesaiannya ke belakang sedikit, sambil menunggu jariyah Bapk/Ibu/Saudara Sahabat Manarul Ilmi lebih lanjut, InshaAllah.

Sejak beberapa tahun lalu seiring dengan lingkungan yang semakin merefleksikan nilai-nilai Islami, kita didukung oleh petugas full time masjid yang semakin banyak. Saat ini petugas full time lapangan kita ada 4 petugas cleaning service, 4 petugas taman, 2 petugas penyapu halaman, 2 petugas admin, dan 1 kordinator, selain 2 orang Imam/Ustadz. Itu diluar tenaga volunteers yang jumlahnya banyak sekali (jazakumullah khairan katsiran).

Dibutuhkan ruangan ganti (locker room) yang sedikit layak untuk mereka, sekalian tempat untuk istirahat siang sebentar. Selain rumah yg sedikit representative untuk imam senior,

Juga disediakan dua kamar pribadi petugas senior dan muadzin dilengkapi dengan kamar mandi dan dapur privat. Semua itu juga sedang dalam proses penyelesaian. Lantas bagaimana dengan ruangan untuk kegiatan mahasiswa? Inilah yang sekarang sedang dalam proses pembenahan secara intensive agar mahasiswa mempunyai tempat kerja dan diskusi yang memenuhi syarat, dengan catatan menghilangkan tempat untuk tidur mahasiswa karena sedari awal memang tidak dimaksudkan untuk itu.

Juga ditambahkan dua ruang khusus untuk takmir dan LM-ZIS yang masing-masing dilengkapi dengan sofa, coffee table dan meja kerja 3 buah dengan kualitas memadai. Ada harapan suatu saat LM-ZIS bisa menjadi semacam well organized body untuk menghimpun dana sosial atau sejenis itu, mohon doanya selalu. Untuk ruang rapat lebih besar yang memenuhi syarat baru saja selesai, yang berada di sebelah selatan ruangan imam di masjid.

Maka yang sangat ditunggu agar tidak ada barang-barang yang berserak di-mana-mana adalah gudang yang benar-benar memenuhi syarat. Dengan adanya gudang tersebut maka semua yang perlu disimpan sudah ada tempat khusus untuk menyimpan. Insha Allah akan menjadi kenyataan dalam beberapa bulan lagi. Sesudah itu barulah Taman Selatan yang disediakan untuk tempat istirahat luar dan untuk kegiatan luar bisa menjadi kenyataan, tentu dengan ridho Allah dan dukungan Sahabat Manarul Ilmi.

Malam Manarul

So, what next? Di atas kertas sesudah itu Masjid ingin menyediakan Mini Cafe-Mini Souvenir-Mini Book Store, dan sekaligus bisa sebagai permulaan untuk revenue generator di luar kotak amal yang berjalan dengan sangat baik sekarang ini. Kami bercita-cita suatu saat semua beban operasional bisa didapatkan dari revenue generator tersebut, sehingga kotak amal lebih bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih esensial. Aamiin........ (AI)